border

border

Selasa, 23 Agustus 2016

Review Squad 38

Kaya drama polisi ya? Padahal tentang penipu dan pegawai pajak.
Sebut saja squad 38 
Sebut saja 38 task force
Sebut saja Police  unit 38
Sebut saja 38 tax colection revenue unit
Sebut saja Sampal sagidongdae
Apa pun itu, sebelnya drama ini banyak banget judulnya. So, ambil aja yang paling pendek "squad 38"
Mengandung spoiler tapi, bukan yang secara eksplisit ngejelasin semua. Tapi ada juga sih tapi.


Squad 38 nyeritain tentang kerja sama antara petugas pajak dengan geng penipu untuk nagihin pajak. Sebenernya bukan nagihin tapi, lebih ke  nipu orang yang nunggak pajak dalam jumlah yang besar supaya "kepaksa" bayar tunggakanya. Jadi istilahnya nagihin pajak dengan cara yang ilegal, tapi dikemas dengan cara yang menarik, kocak, dan rasakan sensasinya ketika para penunggak pajak kena tipu.
Tapi orang yang nunggak pajaknya pun, bukan sembarang orang. Melainkan orang yang memiliki kekuasaan yang besar dan ada yang megang pemerintah juga. Jadi, ga mudah untuk numbangin mereka.  Basically, drama ini tentang Uang uang uang dan Uang dimana Uang adalah segalanya. 

Genrenya comedy, crime, politik. Intinya light version dari bad guys

Awal tau writernya "Bad guys" bakal bikin drama tentang pajak, gue langsung mikir oh mungkin "white collar" versi korea. Cuma bedanya "Squad 38" kerja samanya sama pegawai pajak bukan FBI. Eternyata, pas udah tayang plotnya beda ko, trus gue ga enak udah siudon sama writernya(efek trauma badguys ep 4). Tapi ternyata pas gue baca-baca, kata orang-orang justru vibenya lebih ke ocean eleven. Dan gue ga pernah nonton ocean eleven.

Gue pernah baca salah satu interview directornya, yang isi interviewnya tuh ngasih tau kalo semua kasus penipuan yang ada didrama ini, diambil dari koran. Istilahnya kasus penipuanya beneran terjadi di kehidupan nyata.
Setelah gue nonton drama ini, wa tiba tiba jadi hati-hati apa lagi kalo ke ATM buat nransfer #sebel. Pokonya gue, kalo ada sms walopun nomornya cuma 4 digit yang kira-kira mirip sama nomor operator, gue selalu cek lagi. So, hikmahnya setelah nonton drama ini gue jadi  lebih Waspada!
Apalagi waktu jungdo nyuri uang di bagasi mobil dengan cara nge kopi sinyal kunci mobil si pemilik. Pokonya teknisnya kaya ngegunain remot universal buat nonton tv.  Gue sampe kaget dan baru tau ternyata ada loh yang kaya gitu. Setelah itu cara  ngeduplikat kunci pake lilin. Gue sampe ohhhh ternyata bisa juga pake lilin..

Kalo liat dari episode awal sampe akhir, korban penipuan yang ada di drama ini, keliatanya kaya gamungkin terjadi soalnya gampang banget ketipunya. Tapi, pada kehidupan nyata kasus penipuan yang terjadi emang kaya gitu. Kebanyakan si calon korban males untuk ngecek kebeneranya, kemakan rayuan manis atau mungkin si korban ada di dalam situasi dimana dia panik dan ga sempet mikir. Jadi, pada akhirnya dia kena sasaran  empuk si penipu. Kalo panik, pan segimana pinternya kita dan segimana tinggi latar belakang pendidikan pun tetep aja bisa kena tipu.

Drama squad 38 ini nyeritain tentang penipuan. Tapi, pada akhirnya yang ketipu bukan cuma penunggak pajaknya aja tapi kita sebagai penontonpun, kena tipu juga. Plot twist yang ada di drama ini termasuk favorit gue, barengan sama nine times travel #tetep. Satu episode twistya bisa beberapa kali pokonya twistnya banyak banget. Selama nonton ini gue beneran ga kepikiran ceritanya mau dibawa kemana dan kalo nebak salah mulu, sekalinya bener ehhhh di puter lagi tuh si plotnya.  So, kalo nonton ini gausah nebak-nebak nikmati sajalah seperti ombak.

Episode pertama drama ini  menurut gue, aga ato bisa dibilang boring karna dibuat slice of life. Padahal gue termasuk orang yang cinta banget sama genre slice of life, tapi gatau gue ngerasanya boring.  Mungkin karena ekspektasi gue terhadap drama ini tuh tinggi yang gue kira bakal dark dan banyak violancenya, tapi ternyata ngga seperti itu. Untungnya 10 menit terakhir berhasil membuat gue tidak boring lagi. Tapi, ganyalahin juga sih. Setelah nonton beberapa episode ternyata episode 1 tuh peranya sebagai pondasi.
Sebenernya, ep1-3 ga terlalu bikin gue sampe bilang suka sama drama ini. Baru ep 4, gue mulai suka dan ketarik sama jalan cerita dari drama ini. Mungkin karna dari episode 4 mulai dimunculin plot twistnya dan trik-trik nipunya pun mulai seru. Pokonya semakin tua episode semakin liar plot twistnya.

Romance di drama ini tuh antara ada dan tiada, soalnya fokusnya lebih ke bromance.
Sebagai pembanding tingkatan romance yang ada di ke 3  drama ini:
Hello monster >>>Signal>>>>>>>>>>>>>>Squad 38

Elemen yang gue suka dari drama ini adalah karakternya. Di drama ini setiap karakter ga di ceritain super baik dan super jahat. Tapi, lebih ke orang yang kurang baik dan kurang jahat dan dibuat ngerti kenapa dia bisa jadi orang yang ga baik. Justru karna sikarakter diceritainya begitu, kita sebagai penonton beneran gatau siapa yang bakal berhianat atau siapa nih yang loyal. Karena pada dasarnya di drama ini semua orang pada ga bisa dipercaya. Dan yang lebih serunya lagi setiap orang di geng penipu punya ke ahlian masing-masing.
 
Karakter yang paling suka gue resapi itu adalah Walikota. Karena, permasalahan yang dia alami adalah  yang paling deket dengan kehidupan sehari-hari. Yaitu, ketika orang melakukan kesalahan sekali tapi justru kesalahan itu yang menuntun dia untuk melakukan kesalahan lagi yang lebih besar. Karena, dengan melakukan hal yang buruk tersebut dia bisa nyelamatin atau mempertahankan  posisinya. Walaupun secara teori, seharusnya dia  milih ngerelain pekerjaan.
Tapi kalo itu terjadi sama kita dan kita berada di posisi tertinggi disuatu karir pastinya berat banget untuk ngelepasin itu. Walopun tetep aja itu salah dan ga bisa di bilang tindakan yang benar.Quote-quote tentang si miskin dan si kayanya pun leh uga masuk banget kehati.



Yang jung do
Kalo ngomongin tentang karakter, gue suka banget yang jungdo plis, menurut gue ini adalah performance terbaiknya seo in guk. Setelah minsuk menjadi karakter kesayangan gue selama 2 tahun (?) akhirnya dia lengser juga. Bikin kagum karena dia berperan sebagai penipu, otomastis dia kudu nyamar jadi orang dengan profesi yang berbeda dan karakter yang beda. Tapi, yang paling wa kagumin  adalah waktu dia jadi CEO dari perusahaan MLM  udah gitu pidatonya sampe berapi rapi pake satoori.






Baek sung-il
Kalo untuk baek sung il, dia lucu banget disini beneran gemes sampe cara dia jalan aja lucu, literally tedybear di kehidupan nyata banget. Profesinya pegawai negri tapi secara kepaksa kudu kerja sama dengan penipu trus pas awal-awal, awkward banget jadi konyol. Kalo ngeliat Ma dong seok jadi baek sung il,  kadang gue suka kagok, soalnya karakternya jomplang banget sama yang di badguys.








Mijoo
Mijoooooo, gue suka banget mijoo melebihi yang jung do hahahah. lee sunbin kaya emang udah dilahirkan untuk jadi karakter mijooo. Mijoo tuh gayanya keren dan skill nipunya pun ajib, secara cantik cowo cowo langsung pada kelepek-kelepek.
Trus dia lucu banget ngekor yang jung do mulu, gue kira awalnya dia pacarnya jung do atau adiknya gataunya cinta bertepuk sebelah tangan. pokonya sehabis nontonn drama ini gue jadi suka lee sunbin. Mana dia nanti bakal di law of jungle bareng seo in guk.

  





Noh Bang sil 
Kerjanya sebagai penyedia dana buat para penipu. Tapi Bang sil nih ya elegan banget gayanya. Dari gaya bicara gerak gerik ulalala emak-emak goals banget. Pokonya kaya ibu-ibu pejabat. 














Chun Sung Hee
Sunghee, kalo gue baca di timeline kayanya banyak yang gasuka, termasuk gue, padahal gue suka sooyoung. Mungkin alesan dia dibenci karena dia tuh  orang bener, pakem peraturan. Sedangkan drama ini fokusnya lebih ke para penipunya, yang notabene melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan peraturan. Jadi, seakan akan  dia ini bakal ngeganggu keberlangsungan rencana peipuan. Tapi menurut gue dia tuh karakter yang diciptain for the sake of plot. Jadi kaya di episode 3 ato 4 dia tuh buat nambihin ketegangan. . Trus untuk all episodenya dia lebih kaya ngingetin kalo tindakan para penipu ini salah walopun tujuannya bener(?) Gue bingung nulisnya begimana.





Hak joo dan Jawang

Ga gue jelasin tapi gue suka  Jawang sama Hakjo, mereka ibaratnya tukang bodornya lah ya. Tapi jawang lucu banget soalnya dia kaya bayi tapi tukang nonton bokep

























Scene favorit adalah:

  • Fighting scenenya jung do dan sung il + scene mereka di penjara barengan, mereka lucu banget kaya bocah. trus gue ngakak aja sama apa yang digigit jung do. 
  • Baek sung-il di ajarin nipu. Pecah!
  • Scene sunghee ngobrol via telepon sama walikota. Sunghee ngasih alesan kalo menurut ibunya walikota itu suami yang baik bisa jadi contoh tapi  ketika istrinya butuh dia gaada. Sama kaya dia jadi walikota, dia orang yang baik tapi saat rakyatnya butuh dia gaada. Ibaratnya omdo
  • Jungdo bilang sungil hyung.
  • All chasing scene apa lagi yang mobilnya tiba tiba jadi banyak.
  • ENDINGNYA, dan cameo yang tida terduga di endingnya 
  • Pidato, secara gue langsung inget eli sugigi sama penontonnya
  • Team squad jalan bareng bareng ala ala


Hal yang paling ga suka
  • Sunghee itu female leads kan? tapi dia tuh kurang standout/ga dibikin standout disini malah jatuhnya annoying. Ga kaget sih secara Yewon di bad guys pun sama-sama annoying dan ga penting penting banget. Mungkin emang kelemahan writernya kali ya.
  • Gatau emang mau ngulur durasi atau gimana ada di beberapa episode isinya flashback melulu bahkan si flasbak yang sama diulang sampe 2 kali gatau 3 kali tapi di scene yang berbeda.
  • lupa   

Kalo gue sukaaaa  banget squad 38, terlebih lagi ada seo in guk, Ahn nae sang (korban nonton awl), ma dong seok.  Ditambahlagi jalan cerita yang unik untuk drama korea, karena kalo gasalah belom ada drama korea yang nyeritain tentang penipuan dan pegawai pajak. 
Pernah ngebayang ga sih orang yang punya prinsip berbeda dan cenderung bertolak belakang jadi satu tim. Ditambah lagi tim itu terdiri dari para penipu, yang notabene tukang boong. Sedangkan kesuksesan suatu teamdinilai dari  tingkat kepercayaanya Trus relationship antara jungdo dan sungil dimana jungdo adalah penipu yang terbiasa melanggar peraturan dan sungil adalah pegawai pajak yang taat peraturan.
Tapi, sesuka-sukanya gue sama squad 38. Gue ngerasa   ini bukan tipe drama  yang semua orang bakal suka. Mungkin ada yang ngerasa drama ini boring, tapi ada juga yang ngga. Tapi kalo gue ngerasanya kadang ada beberapa scene yang boring, tapi ada juga yang beneran ga kerasa tiba=tiba udah beres aja.
Endingnya menurut gue sangat memuaskan! walopun jungdo masuk penjara lagi, tapi udah paling manusiawi dibandingkan dia berkeliaran di luar. Sama kaya kasus jang geure di pecat di one international yang menurut gue kalo dia dipertahanin malah ga masuk akal.

Overall 8,6















Tidak ada komentar:

Posting Komentar